GpGlBSW0TfG8TpY7TpOiTUz5Gd==

Prihatin Kondisi Api Abadi Mrapen, KILG Gelar Mrapen Culture Festival #1

Anak-anak dari Padhepokan Adhem Ayom Ayem asuhan Mbah Raden saat tampil dalam event Mrapen Culture Festival #1. (BMA/Khazanahgrobogan)
Khazanahgrobogan.com – Sejak tahun 2012, objek wisata Api Abadi Mrapen diambil alih pengelolaannya oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan telah “disulap” menjadi sangat bagus, bahkan dilengkapi dengan gedung olah raga. Kendati demikian, hal itu nyatanya tidak serta merta bisa mendongkrak daya tarik dan menyedot kunjungan ke objek wisata yang telah bereputasi nasional itu. Apalagi sejak pandemi COVID-19, tren kunjungan ke objek wisata ini semakin menurun.

Kondisi itu memantik keprihatinan para eksponen muda yang tergabung dalam Komunitas I Love Gubug (KILG). Mereka kemudian berinisiatif menggelar Mrapen Culture Festival #1 selama 3 hari, 28-30 Desember 2023 sebagai upaya untuk melejitkan kembali pamor objek wisata Api Abadi Mrapen.

Inisiator sekaligus Ketua Panitia Mrapen Culture Festival #1, Muh. Umar, menyatakan, festival dihelat berawal dari keprihatinannya melihat sepinya pengunjung Api Abadi Mrapen, padahal bangunannya sudah mumpuni dan bagus. Di sisi lain, dorongan menghelat festival karena ia merasa mendapat tantangan saat mengikuti bimtek pengembangan kompetensi pelaku wisata Grobogan yang dihelat oleh Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Disporabudpar) di Hotel 21 Purwodadi beberapa waktu lalu.

“Kenapa Grobogan tidak ada event kepariwisataan berlevel nasional, padahal Grobogan memiliki banyak destinasi wisata atau situs yang melegenda bahkan sampai ke tingkat internasional,” tutur pria yang akrab disapa Umar itu.

Dengan dihelatnya Mrapen Culture Festival, Umar berharap dapat menjadi titik awal bangkitnya kembali objek wisata Api Abadi Mrapen. “Semoga (dengan digelarnya festival) Api Abadi Mrapen kembali bersinar, ramai dikunjungi wisatawan, dan berkibar di kancah nasional,” harap Umar.

Mrapen Culture Festival #1 sendiri dimeriahkan beragam acara dan hiburan menarik, antara lain bazar UMKM, senam aerobik, pentas seni tari, seni barong, seni hadrah, rampak gendang, dan live music. Dihelat juga acara Kenduri Mrapen yang mengupas asal-usul Api Mrapen dari sisi legenda dan sejarah dengan menghadirkan narasumber Annas Rofiqi (juru pelihara Api Abadi Mrapen), Prayit (guru sejarah), dan Mbah Raden (budayawan). (BMA – Redaksi Khazanah Grobogan)

 



Jasaview.id

Type above and press Enter to search.