GpGlBSW0TfG8TpY7TpOiTUz5Gd==

Sega Pecel Gambringan Pak Jack, Pilihan Kulineran Malam Hari di Kota Purwodadi

Warung SPG Pak Jack hadir malam hari di kota Purwodadi. (Khazanah Grobogan - Wahyu K)
Khazanahgrobogan - Sega Pecel Gambringan atau biasa disingkat SPG hadir malam hari di kota Purwodadi, tepatnya di depan pasar Purwodadi persis samping pos polisi. Warung SPG itu dikelola Pak Jack dan istri yang merupakan generasi kedua penjual sega pecel asli Gambringan. Sehingga warungnya pun diberi nama “Warung SPG Pak Jack”.


Sega pecel Gambringan sendiri merupakan kuliner khas Grobogan yang namanya dikaitkan dengan Stasiun Gambringan yang berada di Dusun Pucang Kidul, Desa Tambirejo, Kecamatan Toroh, Kabupaten Grobogan.


Sejak sekira tahun 1940-an, banyak warga Tambirejo yang berjualan nasi pecel di Stasiun Gambringan, sehingga nama nasi pecelnya disebut sega pecel Gambringan. Tahun 2012, regulasi baru PT Kereta Api Indonesia (KAI) melarang para pedagang berjualan di dalam stasiun.


Situasi itu menjadikan para penjual sega pecel Gambringan harus mencari lokus-lokus baru sebagai tempat berjualan. Salah satunya Pak Jack dan istri yang berjualan di depan Pasar Purwodadi.


Pak Jack mulai mangkal di samping pos polisi depan pasar Purwodadi tahun 2007. Sebelumnya pernah berjualan keliling di pasar sayur Jalan A. Yani. Lalu sempat pula mengontrak sebuah ruko di Pujapura, hingga akhirnya memilih mangkal di depan pasar karena lebih nyaman dan leluasa, sampai sekarang.


Sepincuk nasi pecel Gambringan Pak Jack disantap dengan telur dadar dan mendoan yang hangat. (Khazanah Grobogan - Wahyu K)
Warung SPG Pak Jack mulai buka usai magrib hingga tengah malam, bahkan sampai dini hari. Spesial menyediakan sega pecel khas Gambringan. Bila ingin nasi pecel ala Purwodadi, sega pecel bisa ditambah dengan sayur lodeh. Dan bila tidak ingin menyantap nasi pecel, ada pilihan lain, yaitu nasi soto.

Salah satu daya tarik di warung Pak Jack adalah gorengannya yang dijamin selalu hangat dan fresh karena digoreng di tempat. Ada bakwan, mendoan, dan telur dadar. Bila gorengan habis, Pak Jack selalu sigap membuatnya.


Boleh dibilang, sega pecel Gambringan Pak Jack merupakan pilihan kulineran di malam hari di Kota Purwodadi. Harganya pun sangat ramah di kantong.


Bagi yang punya memori tentang sega pecel Gambringan saat masih dijajakan di stasiun kereta api, juga bisa bernostalgia di sini karena Pak Jack memasang banner bergambar stasiun Gambringan.


Sehingga suasananya bisa mengingatkan pada kenangan saat masih bisa menyantap sepincuk sega pecel Gambringan di kompleks stasiun atau bahkan di dalam kereta api. 

 



Jasaview.id

Type above and press Enter to search.