GpGlBSW0TfG8TpY7TpOiTUz5Gd==

Galuh Kartika Bersama Suami Kembangkan Cemilan Khas Tegal di Purwodadi

Glotak dan olos, di antara kudapan khas Tegal yang dikembangkan Galuh Kartika dan suami. (Khazanahgrobogan/BMA)

Khazanahgrobogan - Wabah Corona membuat Galuh Kartika bersama suami, Yusnan Iguna, musti memutar otak untuk membuat dapurnya tetap ngebul. Pasangan muda yang sama-sama pernah bergelut di dunia broadcasting itu akhirnya mantap memulai usaha membuat berbagai kudapan khas Tegal.

Yusnan Iguna, suami Galuh Kartika, memang berasal dari Kota Tegal dan memiliki pengetahuan tentang sejumlah kuliner khas Tegal. Dengan bekal itu, mereka membuka usaha menjual kudapan khas Tegal, yaitu olos, glotak, cireng gepeng, dan tahu aci.

“Resepnya kami peroleh dari browsing di google dan dari saudara di Tegal yang bisa membuatnya,” tutur Galuh yang bernama lengkap Rizhen Galuh Kartika.  

Produk-produk buatannya lalu dipasarkan melalui media online. Awalnya, Galuh mempromosikan produk-produknya lewat Instragram, lalu juga melalui story WA.

Alhamdulillah pelanggan datang dari berbagai kalangan di Kota Purwodadi, di antaranya pegawai sejumlah bank, karyawan rumah sakit, polres, dan teman-teman sekolah dulu,” jelas Galuh.

Menurut Galuh, dari sejumlah produk kudapan khas Tegal yang ia buat, olos adalah yang paling banyak diminati. Olos adalah kudapan atau cemilan khas Tegal berupa gorengan yang terbuat dari tepung dan berbentuk bulat, berisikan kembang kol, bawang, dan cabai rawit.

Selain dinikmati original tanpa ada tambahan lain, banyak pelanggan olos yang meminta tambahan taburan bumbu balado.

Selain olos, glotak juga menjadi kudapan yang banyak dinikmati. Glotak mirip dengan sambal tumpang. Bila sambal tumpang terbuat dari tempe bosok, maka glotak terbuat dari tempe gembus yang dimasak dengan beragam bumbu dan juga kaldu. Glotak buatan Galuh diberi tambahan ceker ayam.

“Di Tegal, glotak biasanya digadho (dimakan tanpa nasi-red), tapi kalau di sini pembeli minta dilengkapi dengan nasi,” jelas Galuh.

Setiap produknya rata-rata dibanderol dengan harga Rp 10 ribu per porsi. Bila ingin memesan produk kudapan khas Tegal buatan Galuh dan suami, bisa memesan terlebih dulu  di nomor WhatsApp: 0838 6241 9565. Atau setiap Minggu, Galuh dan suami buka lapak di Car Free Day. (Khazanahgrobogan/BMA)

 



Jasaview.id

Type above and press Enter to search.